Minggu, 19 Januari 2020

Modes - Simple Theory

     Yeiks...!
     Apa coba maksudnya pake Yeiks segala 😜

     Apakadabra dulur?

     Salam Korter 🎸


Sebagai awal buat halaman Interlude, gw mau ngebahas soal Modes.

Modes ini gw seriusin buat melatihnya ketika muncul di JiksBar, kOrt #20 (edisi #19 -nya ilang... 😢). Walaupun sebelumnya gw udah tau soal Modes ini dari majalah-majalah musik lain. Mungkin kar'na Om Jikun ngejelasinnya dengan jelas kali ya, sehingga gw menjadi jelas dengan penjelasannya. Apasih...

     Balik ke pembahasan Modes!

     Kalo menurut pendapat gw yaa...

Modes itu perkembangan dari Major Scale (Tangga Nada Major), yang ketika dimainkan dengan urutan not tertentu, akan ngehasilin feel yang berbeda dari root Major Scale itu sendiri.

     Misal :

     C Major Scale : C   D   E     F   G   A   B     C'
     Interval      :   1   1   1/2   1   1   1   1/2

     Akan berbeda feel-nya bila dimainkan dengan urutan :

     C Major Scale : D   E     F   G   A   B     C'  D'
     Interval      :   1   1/2   1   1   1   1/2   1

     Ngerti kan maksud gw~

     Kalo kagak ngarti gugel ajah sanah banyak~ 😛

     Lanjut yaa~

Akhir - akhir ini gw nerapin ke-7 Scale Modes ini ke dalam Fingering gw. Sebab gw ngerasa perlu untuk mengenali feel yang dihasilkan Modes. Gak ada tujuan mulia sih, gw cuma pengen menambah wawasan aja biar improvisasi gw ketika ber-melodi semakin luas.

Sekarang, biarkan gw tampilin Scales-nya biar lo pahami sendiri dulu. Klik aja buat memperbesar gambarnya.

1. Legend
2. C Ionian
   > Nada     : C   D   E     F   G   A   B     C'
   > Interval :   1   1   1/2   1   1   1   1/2
3. C Dorian
   > Nada     : D   E     F   G   A   B     C'   D'
   > Interval :   1   1/2   1   1   1   1/2    1
4. C Phrygian
   > Nada     : E     F   G   A   B     C'   D'   E'
   > Interval :   1/2   1   1   1   1/2    1    1
5. C Lydian
   > Nada     : F   G   A   B     C'   D'   E'     F'
   > Interval :   1   1   1   1/2    1    1    1/2
6. C Mixolydian
   > Nada     : G   A   B     C'   D'   E'     F'   G'
   > Interval :   1   1   1/2    1    1    1/2    1
7. C Aeolian
   > Nada     : A   B     C'   D'   E'     F'   G'   A'
   > Interval :   1   1/2    1    1    1/2    1    1
8. C Locrian
   > Nada     : B     C'   D'   E'     F'   G'   A'   B'
   > Interval :   1/2    1    1    1/2    1    1    1
9. C Ionian (High Not)
   > Nada     : C'   D'   E'     F'   G'   A'   B'     C''
   > Interval :   1    1    1/2    1    1     1    1/2
   Versi gw ketika Fingering.

Itulah ke-7 Modes Major Scale. Moga bisa nambahin wawasan kita semua 😊

Sekarang gw ijin pamit dulu, dan sampe ketemu lagi di next entri. Yu dada babai~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar