Sabtu, 25 Januari 2020

Harmonic Minor - Fingering? Why Not!


=============================================================
     ðŸŽ¼ 'Cause I'll be happy with you...
     ðŸŽ¼ Forever...
     ðŸŽ¼ Forever...

     Yeah...!

     Salam Korter \m/

     Benar - benar Masterpiece tu lirik~
     Padahal belum terkenal~
     Udah bikin nyaman aja di kuping~
     Ya iyalah, orang gw sendiri yang bikin lagunya wkwkw~

Yaps, langsung aja, kali ini gw mau ngeshare Tangga Nada yang biasa gw latih ketika ber-Fingering.

     Pantengin terus yak!

Sebab, menurut gw, Minor yang satu ini punya feel yang unik.

     Kayak ada manis - manisnya gitu~

Sedikit banyak Scale ini berasa Timur Tengah, bisa juga Classic ala-ala Yngwie Malmsteen, dan gak kalah melodius-nya kalo dimainin dengan penuh baperan penjiwaan.

     Tapi, seriusan dah~

Pertama kali mainin Scale ini, kita seakan dapat menembus ke sebuah pesona yang berbeda~

     Njirr bahasa gw~

Dalam Fingering, gw melatihnya dalam bentuk Modes. Sekali lagi, gak ada tujuan mulia, hanya sekedar nambahin wawasan aja ketika gw sedang bermelodi ria.

Gw kasih contohnya nih.

Karena Minor, maka dimaininnya dari nada A :

> A Harmonic Minor : A   B     C   D   E     F     G#     A
> Interval         :   1   1/2   1   1   1/2   1,5    1/2

Bentuk Modes yang gw maksud :

> A Harmonic Minor : B     C   D   E     F     G#     A   B
> Interval         :   1/2   1   1   1/2   1,5    1/2   1

Gw tau, tapi jangan ditanyain ya~

Emang si, kalo di Major Scale, ketika dimainkan dari nada D, maka namanya Dorian. Kalo dari E, namanya Phrygian. Kalo dari B, ya Locrian, dan lain sebagainya. Tapi kalo yang ini, gw gak tau wkwkw... suer~ ✌

Dan gw gak ngasih tanda petik sebagai tanda tinggi rendah nada karena keterbatasan halaman heheh... Gw anggep lo pada dah khatam masalah gituan mah.

     Gapapa kan~

     Gapapa donk~

Satu lagi, lo mungkin bakal kesulitan mainin Harmonic Minor Scale ini. Soalnya, antara nada F dan G#, punya jarak sebanyak 1,5 interval. So, dengan begini sekaligus ngelatih jari lo dengan permainan Fret yang jauh - jauh. Biar keliatan kayak Paul Gilbert. Keren kan~

     Daaan langsung aja!

     Cekiprot!

1. A Harmonic Minor (A)
> Scale    : A   B     C   D   E     F     G#     A
> Interval :   1   1/2   1   1   1/2   1,5    1/2
2. A Harmonic Minor (B)
> Scale    : B     C   D   E     F     G#     A   B
> Interval :   1/2   1   1   1/2   1,5    1/2   1
3. A Harmonic Minor (C)
> Scale    : C   D   E     F     G#     A   B     C
> Interval :   1   1   1/2   1,5    1/2   1   1/2
4. A Harmonic Minor (D)
> Scale    : D   E     F     G#     A   B     C   D
> Interval :   1   1/2   1,5    1/2   1   1/2   1
5. A Harmonic Minor (E)
> Scale    : E     F     G#     A   B     C   D   E
> Interval :   1/2   1,5    1/2   1   1/2   1   1
6. A Harmonic Minor (F)
> Scale    : F     G#     A   B     C   D   E     F
> Interval :   1,5    1/2   1   1/2   1   1   1/2
7. A Harmonic Minor (G#)
> Scale    : G#     A   B     C   D   E     F     G#
> Interval :    1/2   1   1/2   1   1   1/2   1,5
8. A Harmonic Minor (A) (High Not)
> Scale    : A   B     C   D   E     F     G#     A
> Interval :   1   1/2   1   1   1/2   1,5    1/2

Klik aja gambarnya biar jadi segede layar HP ato PC or Lepi lo.

     Gimana?
     Asik kan.

     Rajin - rajin latihannya yaaa~
     Inget, pake jari tangan sendiri, OK!

Akhir kata, selamat belajar dan moga bisa ngehasilin karya dari Harmonic Minor ini. Yu dada babai~

     ðŸŽ¼ 'Cause I'll be happy with you...
     ðŸŽ¼ Forever...
     ðŸŽ¼ Forever...
=============================================================

Tidak ada komentar:

Posting Komentar